Awal Perjuangan di Kota Pahlawan

Kamis 1 februari 2018, alarm HPku berbunyi tepat pukul 04.00 wib. Aku terbangun dengan seketika, terlihat notifikasi bahwa hari ini pengukuhan mahasiswa baru program doktor, magister, spesialis, dan profesi semester genap tahun 2017/2018 di Universitas Airlangga. Aku berbegas untuk segera mandi sebelum kamar mandi kosku yang hanya ada 2 terpakai penuh. Setelah mandi tentunya sebagai mahluk berketuhanan aku langsung menunaikan ibadah sholat subuh dilanjutkan dengan mengaji beberapa ayat Alquran serta kemudian berdoa meminta agar kegiatan hari ini dilancarkan.
Bersih, rapih, dan wangi itu adalah kunci dalam berpenampilan. Kemeja putih, celana putih, beralmamater dan mengenakan mutz serta sepatu yang hitam mengkilat menjadi awal langkah semangat hari ini. Tak ketinggalan pula semprotan parfum agar tercium lebih wangi.
Jam menunjukan pukul 06.00 wib, aku membuka gerbang kosan dengan penuh semangat. Sembari perjalanan menuju depan gang, aku membuka HP untuk memesan taksi online. Tak lama kemudian taksi  online datang, dan kurang lebih perjalanan 20 menit aku tiba di kampus C Universitas Airlangga. Memasuki Kantor Manajemen Universitas Airlangga, aku langsung menggunakan elefator untuk naik ke lantai 5 tepatnya masuk ruang Garuda Mukti.
Aku duduk dibarisan kedua dari depan, sendiriran belum ada teman. Tak alam kemudian datang seorang laki-laki bernama dani. Dia adalah mahasiswa fakultas hukum yang berasal dari Sidoarjo. Sembari menunggu acara yang tak kunjung dimulai, kami sedikit ngobrol meski masih canggung.
Pukul 08.30 wib acara dimulai, rektor dan jajarannya memasuki ruang, kami pun mahasiswa baru berdiri menyambut kedatangan mereka.kurang lebih acara berlangsung satu setengah jam. Acara tersebut merupakan acara inti Pengukuhan Mahasiswa Baru Program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi Semester Genap Tahun 2017/2018 Universitas Airlangga. Secara resmi kami sudah menjadi bagian dari civitas akademika Universitas Airlangga.
Setelah kegiatan tersebut selesai, sesuai pemberitahuan dari apnitia, kami diintruksikan untuk kembali ke fakultas masing-masing dan mengikuti serangkaian kegiatan di fakultas. Pukul 13.00 wib acara di fakultas dimulai, tepat aku berada di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Setelah mendapatkan arahan dari fakultas, kemudian dilanjutkan arahan dari departemen masing-masing. Dalam dialog bersama Kepala Departemen Ilmu Politik Ibu Siti Aminah, kami mendapat berbagai masukan dan arahan bagaimana mengikuti kegiatan perkuliahan di program Magister Ilmo Politik Universitas Airlangga.
Hari yang sayang padat dan melelahkan, tak usai disitu aku masih harus mengurus KRS untuk mengambil mata kuliah yang diambil dalam satu semester kedepan. Aku menemui Pak Tinno di ruang sekretariat S2 dan S3 di degung C lantai 1. Tak lama kemudian aku pun sudah punya jadwal perkuliahan untuk satu semester kedepan.
Seperti aku melupakan sesuatu, aku melupakan makan. Kapan aku makan pagi (sarapan) dan makan siang? Pada hari itu aku tidak sempat sarapan dan makan siang samapi pukul 15.30 wib. aku memang mendapatkan snack dan nasi untuk makan siang, tapi aku tak sempat untuk memakannya. Dan akhirnya aku baru makan setiba di kosan pukul 16.00 wib. setelah itu aku pun langsung istirahat karena badan juga sudah terasa sangat lelah. Hari yang sangat melelahkan.

_Bambang_

Share this

Previous
Next Post »