Politik Itu Keren


“Jangan Politik, Politik itu kotor, kamu tidak akan kuat”. Apakah benar politik itu kotor? Sekilas kalimat tersebut menjadi pandangan masyarakat umum terhadap Politik. Masyarakat memandang bahwa politik itu adalah sesuatu yang busuk, sesuatu yang kotor, sesuatu yang kejam, dan orang akan melakukan apa saja untuk mendapatkan kekuasaan politik. Politik terlihat seperti hal yang menakutkan. Pandangan itu muncul sebab tidak sedikit kasus yang menyangkut politisi di Indonesia, meliputi tindak pidana pembunuhan, kekerasan, serta yang marak saat ini yaitu korupsi. Hal ini juga yang membuat pandangan masyarakat umum bahwa politik itu kotor. Tetapi kita tidak dapat menggeneralisasi begitu saja, sebab tidak semua politisi berperilaku buruk. Ada beberapa lainnya yang membawa dan memperjuangkan amanah rakyat.
Apakah politik itu sebenarnya? Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain: politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles).
Pengertian Politik tersebut berbeda jauh dengan pandangan masyarakat. Kenapa masyarakat memandang politik itu kotor, busuk, jahat, korup, atau hal negatif lainnya? itu adalah fakta lapangan atau perilaku yang memang ada terjadi pada oknum atau orang-orang pelaku politik (politisi). Jadi bukan politik yang kotor, tetapi orangnya, kelompoknya, atau organisasinya yang berperilaku tidak sesuai etika politik.
Selain itu, tidak sedikit pula pandangan masyarakat bahwa siapa pun yang masuk ke dunia politik tidak menjamin dapat merubah politik menjadi bersih seperti yang kita inginkan. Hal itu benar, jika tidak ada yang berani memulai dan mencoba untuk merubahnya. Banyak orang mengatakan kesalahan politik, tetapi tak seorang pun ingin mengotori tangannya untuk merubah itu. Jika orang baik tidak ingin masuk dunia politik, maka jangan salahkan saat dunia politik diisi orang-orang tidak baik.
Bagaimana cara merubah pandangan masyarakat terhadap politik? Tentu itu bukan sesuatu yang mudah, dan tidak bisa dilakukan seorang diri. Tetapi hal itu bisa dimulai dari diri kita sendiri. Kita harus mempunyai semangat perubahan ke arah yang lebih baik, termasuk politik yang lebih baik. Sebagaimana politik pada hakikatnya yaitu kebaikan bersama (kesejahteraan warga negara). Maka politik bukan lagi sesuatu yang menakutkan, tetapi poltik itu keren.
Politik itu keren. Kita harus menanamkan dalam diri kita bahwa politik itu keren. Bagaimana kita menempatkan diri, memilih jalan, dan memilih strategi untuk memperjuangan cita-cita dan ideologi bangsa. Menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta berpegang teguh pada ideologi Pancasila. Upaya untuk mencapai hal tersebut tentu melalui politik, sebagaimana politik pada hakikatnya.
Selain itu, politik itu keren ketika kita dapat memberikan inovasi yang kreatif sesuai dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. Sehingga kita harus peduli dengan dunia politik, apapun profesi kita, partisipasi politik itu penting sebagai kontrol sosial.
Apa yang harus kita lakukan sekarang? Menjadi pelopor perubahan ke arah yang lebih baik. Ikut berpartisipasi politik untuk menjadi kontrol kebijakan, dan memberi solusi untuk mencapai kesejahteraan warga negara. Mari kita mualai sejak saat ini dan dari diri kita sendiri.

Share this

Previous
Next Post »